Vitamin-vitamin yang penting bagi rambut

Written on Rabu, 14 September 2011 | Rabu, September 14, 2011

Ingin memiliki rambut yang sehat dan indah? Selain shampoo yang cocok dan cara merawat rambut yang benar, nutrisi juga pegang peranan. Banyak sumber vitamin dari bahan makanan yang sangat baik untuk kulit kepala dan rambut.

Tindakan merawat rambut bisa dilakukan secara rutin. Sebaiknya diikuti dengan perawatan dari dalam berupa nutrisi yang bagus untuk kulit kepala dan rambut.

Beberapa jenis vitamin yang terdapat dalam berbagai bahan makanan ini bisa membuat kulit kepala dan rambut lebih sehat. Apalagi jika dimakan secara teratur.

Vitamin A
Vitamin A (retinol) merupakan antioksidan yang membantu dalam pembentukan sebum pada kulit kepala. Sebum berperan melumasi akar rambut dan mencegah kekeringan kulit kepala. Sumber makanan kaya vitamin A adalah minyak hati ikan, daging, susu, telur, bayam, brokoli, kubis, dan wortel

Vitamin B
Vitamin B, B3(Niasin), B5(Asam pantotenat), B6(Pyridoxine), B12(Cyanocobalamin), B7(Biotin) , B9(Folic Acid) dianggap sebagai vitamin terbaik untukj pertumbuhan rambut sehat, memelihara folikel rambut, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, dan mencegah rontok serta rambut beruban. Kacang-kacangan, wortel, kembang kol, dan telur bisa jadi pilihan tepat.

Vitamin C
Vitamin C (Ascorbic Acid) ini merupakan antioksidan yang memberikan konstribusi terhadap kesehatan rambut. Sumber vitamin C terdapat pada jeruk, strawberry, kiwi, melon, nanas, tomat dan sayur hijau.

Vitamin E
Vitamin E (Tokoferol), sangat penting untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan rambut. Merangsang pertumbuhan rambut baru dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sumber vitamin E terdapat pada minyak nabati seperti minyak kedelai, jagung dan zaitun.

Inositol
Kandungan jenis ini bisa membuat folikel rambut dan membran sel pada rambut menjadi lebih sehat. Sumber makanan yang kaya akan inositol adalah biji-bijian, hati dan jeruk.

Vitamin K
Vitamin K (phylloquinone) ini bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan akar rambut. Seafood, telur, produk susu, sayuran hijau, kubis, oatmeal, yoghurt dan gandum bisa jadi pilihan tepat.

Detiik.com
Blog, Updated at: Rabu, September 14, 2011

0 komentar:

Poskan Komentar