8 Makanan Atasi Perut Kembung

Written on Minggu, 13 April 2014 | Minggu, April 13, 2014

perut kembung
(gambar dari sini)


Saat perut sedang tidak enak dan kembung sebaiknya perhatikan beberapa asupan makanan Anda. Perut kembung dan tak nyaman disebabkan karena telat makan yang membuat sistem pencernaan menjadi tidak seimbang.

Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang sehat bernutrisi agar efek kembung di perut

1. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi ketika mengalami perut kembung. Karena ikan sangat mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu ikan juga mengandung L-glutamin, vitamin B, magnesium dan potasium yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

2. Seledri

Seledri mengandung kalium. Selain itu seledri juga merupakan diuretik alami yang akan mengurangi rasa kembung. Campurkan seledri dalam sup, salad, atau smoothie.

3. Labu kuning

Labu kuning merupakan bahan makanan berpati yang rendah gula sehingga tidak menimbulkan gas dan kembung. Kandungan serat dan airnya membantu atasi kembung pada perut. (baca juga : Makanan berserat kurangi resiko kanker usus)

4. Nasi putih

Karbohidrat jenis tertentu ada yang mengandung gas yang nantinya gas tersebut dapat menumpuk di dalam usus. Akan tetapi menurut American College of Gastroenterology, selain nasi, konsumsilah tepung beras dan kentang saat perut sedang kembung.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel atau apple cider vinegar memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan meningkatkan sistem pencernaan. Cuka sari apel juga mengandung prebiotik yang akan memberi makan bakteri baik dalam usus dan dapat mencegah makanan mengendap lama di dalam perut. Hal ini dapat membantu menghilangkan kembung dengan cepat dan membantu saluran pencernaan lebih efisien.

6. Yogurt

Mengonsumsi yogurt yang mengandung Lactobacillus dan Bifidobacterium dapat melancarkan pencernaan yang nantinya akan memperlancar pencernaan dan mencegah perut kembung. Selain itu yogurt juga mengandung vitamin D, kalium, kalsium, biotin, dan protein yang dapat membuat efek menenangkan. Pilih yogurt tanpa rasa atau tawar.

7. Lemon

Untuk mengurangi kembung, racik teh dengan air jeruk lemon yang segar hangat. Selain dapat melancarkan pencernaan, kandungan vitamin C dapat membuat kulit sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini sebenarnya tidak dapat mengatasi rasa kembung. Akan tetapi saat sedang tak enak badan, sayur bayam ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, termasuk lambung yang bermasalah.

Sumber : detik.com
Blog, Updated at: Minggu, April 13, 2014

6 komentar:

  1. penjelasannya bermanfaat, tapi untuk dapat mengatasi perut kembung harus diketahui dulu penyebabnya

    BalasHapus