Tips Jaga Berat Badan Saat Berhenti Merokok

Written on Selasa, 20 September 2011 | Selasa, September 20, 2011

Merokok membuat wanita tampak seksi. Oke, isu itu terus dipercaya oleh banyak wanita. Tak jarang, mereka enggan berhenti merokok karena percaya dengan isu yang lain, yaitu berhenti merokok dapat membuat tubuh makin gemuk. Untuk isu yang kedua, ternyata tidak dapat dikatakan salah, karena dalam artikel Alasan Berat Badan Naik Saat Berhenti Merokok, disebutkan bahwa nikotin mengurangi selera makan. Sehingga berkurangnya asupan nikotin dalam tubuh membuat selera makan kembali pada jalurnya.

Selain itu, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Journal Science menjelaskan mengapa seseorang yang berhenti merokok sering terkena masalah kenaikan berat badan. Rata-rata seseorang yang berhenti merokok akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 2,26 kg. Sedangkan TIME Magazine menjelaskan hubungan antara nikotin dan rasa kenyang dalam penelitian terbaru berjudul Why Quitting Smoking Makes You Fat.

Nikotin mengatur neuron pada otak untuk mengurangi nafsu makan sekaligus mengaktifkan reseptor kecanduan. Pada bagian hipotalamus otak, neuron tersebut mengatur berapa banyak makanan yang akan dikonsumsi. Tetapi dalam pengaruh nikotin, neuron akan kehilangan disiplin untuk mengatur pola makan tersebut, sehingga menekan nafsu makan. Setelah berhenti merokok dan tak ada lagi pengaruh nikotin, orang-orang cenderung makan lebih banyak dan mengalami kenaikan berat badan.

Para peneliti percaya bahwa penemuan mereka akan membuat orang-orang tidak lagi memilih nikotin dan rokok sebagai cara untuk menekan nafsu makan dan mencegah obesitas. Masih banyak alasan yang bisa dipakai orang-orang untuk tidak memilih bahkan berhenti dari kebiasaan merokok.

Jika Anda ingin berhenti merokok, jangan ragu untuk menundanya. Tidak perlu takut untuk menjadi gemuk, karena tips dari everydayhealth.com ini bisa membantu Anda menjaga berat badan sekalipun telah berhenti merokok.

1. Minum Air
Tetap jaga kadar air dalam tubuh Anda dan itu akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh, minum Anda bisa meminum air es. Jus buah atau sayuran bisa menjadi pilihan yang juga sehat. Buat sendiri jus dengan kadar gula atau pemanis buatan yang rendah untuk menjaga agar asupan kalori tidak berlebih.

2. Jangan Takut Dengan Camilan
Camilan sehat juga akan membuat metabolisme tubuh semakin lancar, sehingga makin banyak kalori yang akan terbakar. Cara ini berguna bila Anda diserang rasa lapar palsu dan mencegah makan berlebih ketika jam makan datang.

3. Terus Bergerak
Latihan atau mengikuti kelas kebugaran memiliki dua manfaat sekaligus. Pertama, Anda akan membuat tubuh lebih sehat dan membakar kalori. Kedua, latihan ini akan mengalihkan perhatian Anda dari rokok. Fokuskan latihan Anda untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Jika dengan latihan rutin tersebut Anda mendapat bentuk tubuh yang semakin indah, itu adalah hadiah yang memang pantas Anda dapatkan.

Mertotvnews.com
Blog, Updated at: Selasa, September 20, 2011

2 komentar:

  1. setuju banget gan,,
    bagi kaum wanita penting tuh berhenti merokok,,
    dan menuju pola hidup yang sehat,,
    tentunya tak akan membuat perut endut,,

    BalasHapus