Kopi Bisa Menangkal Serangan Stroke

Written on Rabu, 21 September 2011 | Rabu, September 21, 2011

Suka minum kopi? Aroma kopi yang harum dan rasanya yang pahit manis bisa membuat tubuh segar dan mata melek. Jika diminum secara teratur, kopi tak hanya enak tetapi juga punya khasiat termasuk mencegah serangan stroke.

Minuman berwarna hitam pekat ini memang pahit-pahit enak ini menjadi favorit banyak orang sebagai minuman wajib di pagi hari. Dibalik rasanya yang menyegarkan ternyata kopi memiliki khasiat penting yang dapat membantu menurunkan resiko terhadap stroke. Para peneliti menyebutkan, mereka yang secara teratur menikmati minuman berwarna hitam pekat ini, jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke. Terutama jika minum 3 hingga 4 cangkir atau lebih kopi dalam sehari.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa, kandungan antioksidan pada kopi bisa membantu melancarkan aliran darah dari tubuh ke otak. Termasuk mencegah pembekuan darah di otak dan mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kesimpulan ini diambil para peneliti setelah mereka melihat hasil dari 8 studi yang membahas manfaat kopi dari mereka yang gemar minum kopi setiap hari. Studi ini dipelajarinya selama 45 tahun terakhir. Penelitian juga menemukan, mereka yang minum 2 cangkir kopi setiap hari, memiliki resiko 14% lebih kecil terkena pembekuan darah pada otak yang memicu terjadinya stroke dibanding mereka yang tidak. Sedangkan buat pencinta kopi yang selalu minum 6 cangkir atau lebih setiap hari, hanya memiliki penurunan resiko stroke sekitar 7%.

Penelitian di Swedia menyatakan bahwa minum kopi secara teratur memang berdampak baik buat tubuh, namun jika berlebihan bisa memicu masalah kesehatan.

Detik.com
Blog, Updated at: Rabu, September 21, 2011

0 komentar:

Poskan Komentar