Tips agar tidur lebih nyenyak

Written on Kamis, 15 September 2011 | Kamis, September 15, 2011

Kurang tidur bisa membuat badan tak sehat. Salah satu efek yang paling terasa adalah sulit konsentrasi. Selain itu, kurang tidur juga membuat suasana hati tak enak, stres, dan mengantuk saat beraktivitas.

Nah, kalau ciri-ciri tersebut sudah melanda, mungkin Anda bisa meniru tips berikut agar tidur Anda cukup.

1. Mengatur waktu tidur teratur
Buat waktu tidur dan bangun Anda teratur setiap hari. Pola ini dapat menjaga kualitas tidur. Cobalah untuk disiplin mematuhinya untuk tiap pekan. Jangan menambah atau mengurangi waktu tidur tersebut.

2 Berolahraga teratur
Berolahragalah maksimal 3 jam sebelum waktu tidur. Jangan berolahraga menjelang waktu tidur. Sejumlah ahli menyatakan, olahraga di sore hari akan membantu tidur nyenyak.

3. Kurangi kafein
Jangan minum produk kafein seperti soda dan kopi setelah pukul 4 sore. Selain kafein, alkohol juga membuat mata Anda tak beristirahat lebih panjang. Begitu pula nikotin yang membuat Anda terjaga lebih lama. Jadi, sebisa mungkin berhenti merokok.

4. Menenangkan pikiran
Sebaiknya tidak melihat tayangan kekerasan, menakutkan, atau film aksi menjelang tidur. Pokoknya, segala aktivitas yang memaksa Anda berpikir dan jantung Anda bekerja.

5. Mengatur pencahayaan
Cahaya redup dipercaya membuat mata tidak terlalu bekerja keras. Tidur dengan cahaya redup dan musik yang lembut dapat membuat tubuh relaks. Jauhi televisi, komputer, dan pesawat telefon 1 jam menjelang waktu tidur

6. Jangan tidur siang terlalu banyak
Tidur siang lebih dari 30 menit membuat Anda justru sulit tidur di malam hari.

7. Jauhi kegiatan malam
Aktivitas malam seperti lembur kerja, belajar, dan menulis akan menganggu pola tidur. Gunakan masa siang hari untuk melakukan aktivitas utama, malam adalah waktu beristirahat.

8. Ciptakan suasana tidur yang nyaman
Kajian menunjukkan tidur di tempat yang gelap dan sejuk membuat nyenyak. Atur posisi tempat tidur di kamar yang bisa menghindari cahaya matahari.

Tempointeraktif.com
Blog, Updated at: Kamis, September 15, 2011

0 komentar:

Poskan Komentar