Ngemil Kacang Bikin Sehat

Written on Jumat, 23 September 2011 | Jumat, September 23, 2011

kacang
Kacang sering dituduh sebagai penyebab jerawat dan kadar kolesterol tinggi. Sejumlah mineral dan nutrisi kacang-kacangan ternyata sangat baik untuk tubuh. Apalagi jika makan lebih dari satu jenis kacang. Yuk, ngemil kacang agar tetap sehat!

Makan kacang-kacangan menjadi kegiatan mengasyikkan yang disukai banyak orang. Jenis kacang-kacangan yang biasa dimakan sebagai camilan sangat beragam. Kacang tanah, almond, walnut, pistachio, macadamia atau kacang mete.

Kacang merupakan sumber protein nabati dan serat yang mampu menurunkan kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida, terutama jika dimakan mentah atau organik. Namun, setiap kacang memiliki senyawa yang berbeda. Makan kacang sangat disarankan, tentunya dalam batas wajar. Karena jika berlebihan seperti makanan lain tentu berdampak negatif.

Ada beberapa keunggulan nutrisi kacang-kacangan yang belum diketahui banyak orang, seperti diungkap Fitsugar berikut ini:

Kaya gizi
Tiap 30 gram memiliki sejumlah kalori, lemak, lemak jenuh dan sejumlah protein yang baik untuk tubuh. Ini terdapat pada jenis kacang pecan, macadamia, kacang tanah dan pistachio.

Kaya mineral
Selain gizinya tinggi, semua jenis kacang-kacangan juga kaya akan natrium, kalsium, polifenol antioksidan terutama senyawa asam p-coumaric, zat besi dan niacin. Mineral ini bisa membantu pemulihan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer. Olahan kacang juga sehat Selai kacang memiliki manfaat yang sama baiknya dengan makan sejumlah kacang segar. Kacang juga bisa memberikan pasokan kalsium yang tak kalah besar dengan susu. Jadi meskipun sudah diolah menjadi beragam bentuk seperti aneka selai kacang, manfaat gizinya tetap sama.

Obat alami
Aneka kacang juga bisa berfungsi sebagai pengobatan. Kacang-kacangan memiliki nutrisi komplit serta asam lemak omega-3 yang dapat melindungi tubuh dari serangan jantung koroner, depresi, dan kram saat menstruasi.

Detik.com
Blog, Updated at: Jumat, September 23, 2011

2 komentar: