9 kebiasaan dapat merusak rambut

Written on Jumat, 14 Maret 2014 | Jumat, Maret 14, 2014

1. Keramas dengan air hangat

Menurut ahli bedah transplantasi rambut Ryan Welte, MD, mandi dengan air hangat bisa menyebabkan rambut kering karena suhu panas bisa membuat pori-pori kulit kepala memproduksi minyak lebih banyak dan dapat merusak akar rambut. Penggunaan sampo pun pasti akan sia-sia. Oleh karena itu Welter menyarankan Anda menggunakan air dingin atau air yang tak terlalu hangat jika ingin keramas.

2. Menggunakan alat penata rambut yang mengeluarkan panas

"Penggunaan hair dryer atau alat catok yang mentransfer panas bisa merusak protein pembentuk rambut sekaligus kutilula. Setelah kutikula rusak, keseimbangan kelembaban terganggu dan rambut Anda rentan rusak. Batasi penggunaan alat-alat tersebut dengan memakainya maksimal tiga kali seminggu," terang Braumann.

3. Diet ekstrem

Kondisi lapar bisa membuat tubuh kehilangan energi. Jika sudah begitu, tak hanya jantung atau paru-paru yang terganggu, rambut Anda pun akan kena dampaknya. Oleh karena itu, dermatologis Paradi Mirmirani mengatakan saat orang didiagnosa anoreksia, salah satu ciri umumnya adalah rambut rontok.

"Asuplah makanan sehat yang kaya protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan. Penuhi kebutuhan protein sekitar 46 gram sehari untuk mendapatkan rambut yang kuat dan sehat," jelas Mirmirani.

4. Mengeringkan rambut dengan kencang

Dalam kondisi basah, rambut lebih rapuh karena kutikula pelindungnya sedikit terangkat. Maka dari itu, hindari mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan kencang dan keras. Lakukan pengeringan itu dengan lembut dan sisir rambut setelahnya. Jangan pula menyisir rambut yang kusut dalam kondisi basah

5. Memakai ikat rambut dengan kencang

"Jika Anda suka menggunakan ikat rambut kencang, hal itu akan membuat folikel rambut tegang sehingga merusak rambut dan bisa menimbulkan luka. Hal ini juga bisa menyebabkan traksi alopecia yaitu melemahnya folikel secara permanen dan rambut tidak bisa tumbuh lagi," papar dermatolog Doris Day, MD.

Ia menyarankan untuk mengendurkan ikatan rambut Anda dan usahakan jangan mengikat rambut saat tidur. Sebab, ketika Anda mengubah posisi tidur akan timbul gesekan yang membuat rambut mudah rontok.

6. Menggunakan produk styling terus menerus

"Jika Anda terus-terusan memakai harispray atau gel rambut, kondisi rambut Anda akan kering dan rapuh karena produk seperti itu mengandung alkohol yang tinggi. Silahkan pakai sekali-sekali tapi lebih baik pilih produk yang mengandung bahan untuk menjaga kelembaban rambut," kata Mirmirani.

7. Menggaruk kepala

Menggaruk kepala karena gatal bisa menyebabkan rambut rontok karena menggaruk rambut sama halnya menginduksi rusaknya kutikula. Baumann menyarankan ringankan rasa gatal dengaa memakai sampo yang mengandung selenium, zinc, atau minyak pohon teh.

8. Jarang keramas

"Penumpukan kotoran atau ketombe pada rambut terbukti menyumbat folikel rambut. Akibatnya, rambut akan sulit tumbuh. Sebaiknya rutinlah keramas setiap dua hari sekali terutama jika Anda sibuk beraktivitas cucilah rambut setiap hari," papar
Baumann.

9. Berada di bawah matahari terlalu lama

Rambut juga terpapar sinar UV jika Anda terlalu lama berada di luar ruangan. Sinar UV bisa mengurangi kekuatan dan elastisitas rambut sehingga paparannya dalam jangka panjang akan melemahkan kutikula sehingga rambut sangat rapuh dan mudah rontok. Baumann menyarankan jika Anda berada di luar ruangan terlalu lama sebaiknya gunakan topi, payung, atau alat pelindung kepala lainnya.

Sumber : detik.com

Blog, Updated at: Jumat, Maret 14, 2014

3 komentar: